Friday, May 26, 2017

TTC - USG hari ke 9 dan OPU Day 12

Mens itu ya kalau di tunggu gak datang-datang, tapi kalau tidak di tunggu dia datang tanpa di undang. Akhirnya saya mens juga tanggal 14 May. Terus saya pastikan dulu ke Careline (via Whatsapp) apakah tanggal 22 dan tanggal 25 May, dokter ada dan bisa dilakukan USG dan OPU.

Flash back neh ya, jadi bulan lalu, saya mensnya pas hari Sabtu, trus pas long weekend pula, uda deg-degan kan apa ada dokter yang praktek tanggal merah. Takut jatuhnya hari Jumat, tau-tau mensnya hari sabtu. langsung browsing, ada gak dokter yang praktek hari minggu, eh.. ada, ya uda, hari sabtunya saya langsung WA ke Careline, tapi sialnya mungkin karena long weekend juga di KL, kayaknya si Careline ini tidak update. Dia suruh saya USG lah lining dan jumlah telur yang mungkin matang bulan itu. Sudah lah kan, kena biaya 500 ribu kira-kira. Eh... setelah saya kirim hasil scan-nya malah di kasih tau kalau OT-nya pas tanggal saya harusnya OPU itu sedang dibersihkan. Jadi bulan lalu saya tidak jadi makan obat Femara. Kesel banget....

Tanggal 21 May, saya berangkat ke KL, sendirian karena tanggal 22 May (besoknya saya harus USG).
Saya pakai AirBnB lagi, dan dapat apartment yang keren banget dengan harga yang terjangkau di dekat KLCC. 

Tanggal 22 May
Pagi-pagi saya masak bihun, apartmentnya lengkap, ada kompor dll jadi bisa masak, soalnya belakangan ini kan saya kembung banget ya, jadi saya merasa perlu kayaknya makan telur putih yang banyak, dan memang dari awal pun sudah di informasikan sama suster kalau ada kemungkinan saya pakai obat hormon suntik juga jadi ya tau lah efeknya pasti kembung banget.

Tapi saya cuma makan Femara saja - dosis 75mg perhari selama 5 hari (day 2 sampai day 6) itu saja sudah kembung loh. Makanya saya merasa kayak maag saya kambuh, sampe lambung saya menekan paru-paru banget kemaren itu, jadi saya terpaksa makan obat maag supaya gasnya bisa keluar. Akhirnya sih enakan, dan kembung nya sekali itu saja sampai separah itu tapi ya setiap bangun tidur perut terasa tidak enak banget, begah banget.

Ini di kasih Humog 150 iu - Humog, setelah saya Google ternyata sama manfaatnya dengan Gonal F dan Menopur dan dikasih Cetrotide 0.25 mg.
Di kasih untuk suntik 2 x, 1 kali tanggal 22 dan 1 lagi di tanggal 23. 


TTC - USG hari ke 9 dan OPU Day 12
ini obat Humog dan Cetrotide sisa 1 karena sudah suntik waktu di klinik

Jadi di klinik langsung di suntik. Tentunya suntik sendiri. Tapi saya lupa kalau Cetrotide itu obatnya kental sekali dan kalau saya suntik Cetrotide itu jadi gatal kulitnya, mungkin karena cairannya ngumpul di bawah kulit saya. Dan sampai bengkak loh. Caranya supaya tidak bengkak dan gatal itu pakai swap alkohol, di tahan sampai lama. Nah, jadi lah perut saya di sebelah udel jadi bengkak.... tapi kali ke 2 sudah tahu caranya tapi tetap saja bengkak sedikit dan sakit seperti terbentur. 


TTC - USG hari ke 9 dan OPU Day 12
Isinya Humog, cairan saline dan bubuk obat, di campur dulu baru di suntikkan



Cetrotride juga sama, tapi ini cairannya kental sekali jadi sulit untuk langsung masuk ke tubuh. Bikin kulit gatal, bengkak dan sakit seperti terbentur. Menyuntikkannya harus perlahan-lahan, di tahan dengan tangan setelah suntik supaya cairan obatnya menyebar dan masuk ke tubuh.

Trus saya juga di kasih lembaran jadwal gitu, jadi saya isi sendiri supaya tidak lupa apa saja yang harus saya lakukan. Tanggal 23 May jam 9 malam tepat, saya harus suntik Ovidrel (pemecah telur). Suntikan ini tepat 36 jam sebelu OPU, jadi kalau suntik jam 9 malam, besok boleh bebas, lusanya OPU jam 9 pagi. Pas 36 jam.

Saya juga dikasih anti biotik Efurox yang wajib dimakan 2 x sehari di tanggal 24 May (Pagi dan Malam) dan malamnya jam 9 malam minum Dulcolax 2 butir. Ini juga sudah langsung dikasih berbarengan.

Tanggal 25 pas OPU saya minum Efurox 2 x sehari (siang dan malam) karena dari jam 9 malam tanggal 24 itu saya harus puasa, tidak boleh makan dan minum. 

Paginya tidak boleh mandi dengan sabun dan shampoo, hanya boleh sikat gigi saja pakai odol, tidak boleh pakai parfum, skin care, kosmetik, deodoran dll. Pokoknya habis mandi, handukan langsung pake baju dan berangkat.

Tanggal 25 May
Pagi-pagi masakin suami sarapan dulu, mandi, berpakaian dan langsung berangkat. Saya keramas semalam, karena saya kan biasa pakai hair product jadi harus keramas. Paginya saya keramas lagi tapi tidak pakai shampoo hanya basahin rambut saja.

Perjalanan lancar, saya bete dari selamam, karena gelang kesayangan saya hilang, saya tidak sadar jatuh dimana. Pokoknya pas di mall saya habis lihat-lihat barang dan beli baju 1 biji, saya baru sadar gelang itu tidak ada. Sedih banget.. marah dengan kecerobohan diri sendiri... ah.. ya sudah lah...

Sampai di klinik langsung daftar, kapok kayak waktu USG day 9, saya kira sudah daftar di bukunya jadi tidak perlu daftar lagi. Miscommunication banget jadinya buang waktu 2 jam saya menunggu sampai di WA Careline baru saya tahu kalau harus daftar lagi... ah bodohnya, lagian saya selamam tidak bisa tidur karena sepertinya banyak tamu yang baru masuk tengah malam jadi berisik banget bung bang suara pintu di tutup yang tidak pakai pemikiran bahwa itu sudah jam 2 pagi. Jadilah semalaman itu saya tidak bisa tidur lagi sampai jam 5 pagi, bangun jam 8 jadi ngantuk banget seharian jadi tidak konsentrasi.

Ketemu suster yang pertama kali visit, saya suka banget sama suster ini, orangnya sabar dan baik banget. Kami di suruh menunggu karena hari itu banyak banget orang yang OPU juga.

Saya disuruh masuk, ganti baju dan di pasang perangkat infus, hanya supaya nanti obat pereda nyeri dan obat biusnya bisa langsung di suntik di situ.

Tidak lama saya masuk ke OT (Operation Theater), tapi sebelumnya di suruh pipis dulu. 
Tidak lama dokter menghampiri saya dan menjelaskan prosedur yang akan dilakukan. Mengkonfirmasi nama saya dan tanggal lahir. Dokter kemudian menyuntikkan pereda nyeri yang bikin kaki dan tangan saya rada kebas dan saya merasa agak pusing, maka saya tutup mata saja.

5 menit kemudian suster menghampiri saya dan menyuntik dengan cairan sedative, dan saya pun langsung tidur. 

Bangun di ruang tunggu tempat tadi suster memasang infus. Saya tiduran saja karena mengantuk sekali. Kemudian suster datang dan meminta saya duduk. Saya merasa agak pusing, maka saya tiduran lagi. Dulu waktu IVF di Penang saya pernah sok jago, langsung bangun langsung keluar ternyata pusing dan masih lemas, jadi belajar dari pengalaman itu saya santai saja.

Akhirnya suster datang lagi dan menjelaskan kalau pusing sedikit memang biasa. Asal saya tidak merasa mual dan ingin muntah. Memang di sebelah saya orangnya mual-mual dan mau muntah. Ya, sudah kalau memang pusing terus. 

Saya sama sekali tidak berasa sakit ya. Awalnya saya kira karena obat pereda nyeri masih ada tapi sepanjang hari memang tidak berasa sakit. Saya sudah siapkan panty liner karena suster bilang akan ada darah yang keluar. Dan memang benar, tapi sedikit saja. Selesai dari klinik saya dan suami malah ke mall yang dekat klinik jalan2 dan makan dulu.

Selesai semuanya, suster kasih saya Milo, tadinya saya mau di kasih biskuit juga cuma saya tolak, karena saya kan gluten free. Terus kami disuruh menunggu lagi, nanti dijelaskan oleh suster. 

Saat bertemu suster saya minta bertemu dengan dokter Wong, karena kami berniat mau melakukan 1 x siklus lagi. Karena telur yang didapat hanya 2, katanya sih besarnya 20 mm dua2nya, tapi kemungkinan 2 telur itu bagus kan berarti hanya 50%, sementara kami ingin kemungkinan itu lebih tinggi, jadi dari awal memang oleh dokter Wong pun di sarankan untuk 2 siklus untuk dapat minimum 2 telur sebelum FET.

Akhirnya bertemu dokter Wong, oh iya, yang melakukan OPU bukan dokter Wong tapi dokter Lim (dokter cewe). Saya langsung minta Femara lagi dan surat pengantar, oleh dokter wong saya disarankan tidak langsung lanjut bulan depan tapi berhenti dulu. Ini mungkin karena bulan depan kan Lebaran dan mungkin juga untuk menetralisir obat-obatan di tubuh saya. Jadi baik juga sarannya.

So, kami pulang dengan surat pengantar untuk USG di dokter di Jakarta dan Femara.

Untuk saat ini sampai di sini saja. Hari Senin, tanggal 29, embryologist akan menghubungi kami untuk mengabarkan kualitas embryo kami. 

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top