Monday, April 11, 2016

IVF (In Vitro Fertilization) second round di Penang Part 2

14 Desember sampai 21 Desember 2015

Hari ke 3 suntik sudah berasa kembung, subuh jam 2 - jam 3 bangun karena kembung. Tapi untungnya pagi sudah tidak berasa kembung lagi dan makan dengan lahap.

Day 4 bangun lagi jam 3-an. Udah agak bete neh. Apa karena makan salad malam ya, mana banyak banget lagi makan saladnya. Tapi siangnya ke Gurney untuk makan siang dan nonton Star Wars. Hobby nonton tapi film baru disini cuma hari kamis munculnya.

Day 5 masih bangun lagi, ya di coba deh makan salad siang, artinya ga keluar. Malamnya ga bangun sih.

Day 6, bosan sarapan telur, akhirnya minta Mr. Bee antar ke pasar yang kata dokter Dev noodle prawn nya enak. Dan ternyata memang enak banget, tapi kenyang banget dan ga makan telur hari ini. Benar2 bosan.

Day 7, waktunya ke dokter. Btw, aku memang sering gatal-gatal kalau di akhir2 suntik hormon. Waktu IVF pertama juga gitu. Kulit jadi lebih kering jadi musti pake lotion yang creamy banget supaya mencegah gatal. Sudah prepare dunk.


21 Desember 2015
Hari ini ultrasound Trans Vaginal (Trans V) untuk pertama kali untuk melihar besar dan jumlah telur.
Hasilnya bagus, telurnya besar2 walaupun tidak banyak.
Ketemu orang yang tanggal 14 itu saya ajak ngobrol, Aynie namanya trus aku jadi ikutan gabung di grup WA yang isinya udah 4 orang, yang paling advance Aynie terus saya, sisanya masih baru mau mulai.

Terus dikasih suntikan lagi. Hari ini kembungnya sudah luar biasa sekali. Tapi masih harus suntik lagi, 2 x lagi sampai tanggal 23 nanti visit dokter lagi.

Tadi dokter sudah kasih tau jadwal OPU, katanya sih tanggal 28. Mudah-mudahan lancar ya.

Karena waktu IVF pertama OPU itu sakit sekali akhirnya aku tanya Aynie, sakit ga. Katanya ga sakit, di kasih obat pereda nyeri sih tapi beneran ga sakit setleh obat biusnya habis. Jadi penderitaannya hanya waktu suntik saja.

Btw, selama ini saya selalu suntuk sendiri, kecuali suntik yang di otot, setelah ET itu suntikannya, suntikan penguat gitu, tapi lupa nama obatnya.

Nulis ini pagi-pagi nunggu jamnya suntik. Saya suntik dulu ya.

Oh iya, di sini kenapa murah karena tidak setiap visit ke dokter di suruh periksa darah, jadi pertama saja sebelum mulai suntik Menopur periksa darah dan sudah selesai sampai di situ. Sementara kalau di Jakarta waktu IVF pertama kali, tiap visit pasti periksa darah.

23 Desember 2015
Cek lagi ke dokter, hasilnya bagus loh. Yang kiri dan yang kanan berimbang besarnya. Dokter Dev tetap ga mau kasih tau ada berapa. Dan karena dia tidak bilang saya juga tidak tanya. Semua saya serahkan ke dokter saja. I believe you Doctor Devindran.

oh iya, senin kameran rame banget. Hari ini agak sepi.

Tapi tetap aja ya harus pagi2 datangnya karena harus suntik di RS pas jam 8 pagi.
Besok saya suntuk Menopur dan Superfact 1 x lagi (terakhir neh) terus dikasih obat pencahan dan di kasih suntikan pemecah telur namanya Ovidrel. Dan ini yang paling penting, bolak balik missy (panggilan suster disini) ingatin jangan lupa harus tepat jam 9 suntiknya. Sampai saya disuruh pasang alarm di depan dia. 

Tanggal 25 Desember 2015 sudah tidak suntik dan santai2 saja. Jam 9 malam disuruh minum Dulcolax dan jam 12 malam start ga boleh makan dan minum lagi, karena OPU tangal 26 pagi.

Terus di kasih obat pereda sakit, kalau sakit setelah OPU baru di makan, kalau gak sakit ya gak perlu makan. Ada lagi obat yang dimasukkan ke liang Vagina, nah itu obat untuk menebalkan dinding rahim. Kalau pakai obat ini, saya sarankan pake panty liner karena oily sekali, susah di cuci panty-nya.

oh iya, karena bloating. kembung banget jadi di suruh makan telur putih 8 biji perhari. Ternyata boleh di masak macam2, scramble juga. Makanya pas teman ngajak ke Tesco, langsung hayuk soalnya ga habis ongkos taxi.

Nah, disinilah bedanya dokter Penang dan Jakarta, kalau di Jakarta tidak pernah tuh dokter menganjurkan makan telur putih yang banyak. Di sini, dokter Dev bolak balik cerewet suruh saya makan telur putih yang banyak, karena kalau telurnya banyak kuatirnya OHSS (Ovarium Hyperstimulation Syndrome), perut kembung dan bikin kita sesak karena banyak cairan.

Kebetulan saya sudah mendengar bahaya OHSS ini dari teman suami, yang istrinya OHSS dan harus ke RS setiap 2 hari untuk mengeluarkan cairan dari perutnya, padahal dia sudah hamil bayi kembar. Dan akhirnya dia harus rawat inap di RS karena sesak nafas, OHSS nya menekan paru-paru.

Hari ini suami datang.... yeeeey... at least tidak sendirian, walaupun saya enjoy juga sendiri, cuci2 mata. 
Dan saya kan punya banyak buku, jadi biasanya ke Gurney bawa buku dan beli teh saja di Coffee Bean dan duduk di sana sampai sore.



Contoh suntikannya:
Di awal hanya suntik Superfact 20 IU saja setiap pagi.
Alat suntiknya kecil sekali jadi sebenarnya suntik sendiri lebih tidak ribet dan di jamin tidak sakit.



Sejak suntikan Menopur 300 IU, Superfact dikurangi menjadi 10 IU

Atas : Superfact
Bawah: Menopur


26 Desember 2015
Hari OPU, malam sebelumnya sudah minum Dulcolaz 2 butih jadi jam 5 subuh sudah bangun karena mules-mules pengen pup, I hate mulesnya.
Terus tidak boleh pake skin care, makeup, parfume, deodorant dll. Pokoknya keluar dari kamar mandi, pakai baju dan berangkat.

Langsung jalan ke RS, daftarnya agak bingung2 tapi disini kan harus proaktif juga akhirnya tanya ke bagian Admission dan ternyata benar daftarnya di Admission.

Selesai daftar, langsung setor deposit RM 9,900. Begitu beres langsung masuk ke ruangan Operation Theater.
Suster cek tensi dan ganti gaun RS. Habis itu saya tunggu dokter Devindran, selama nunggu di selimuti supaya tidak dingin.

Dokter Devindran pasangin infus, sambil bercanda bilang saya tidak kerja rumah tangga karena pembuluh darahnya halus.
Setelah itu masuk ke dalam ruangan operasi, dimasukkan obat bius, ya seperti biasa 20 detik kemudian saya tidur.
Bangun dan semua sudah beres, ngantuk banget. Tunggu sebentar baru kemudian di angkut untuk istirahat di kamar biasa. Sudah boleh makan kalau tidak pusing. 
Tapi dasar saya sensitif banget sama obat2an, jadi yang disebelah sudah keluar ruangan dan pamitan, saya masih tiduran soalnya masih pusing. Sempat juga coba paksain ganti baju dan jalan keluar, tapi cepat2 suruh suami balik lagi karena rasanya pusing.

Missy datang untuk kasih tau, ET nya senin. Hasilnya 14 telur, banyak ya... iya, kaget juga..
Dan beneran di sini OPUnya tidak sakit seperti di Jakarta, masih ada sakit tapi tidak seperti IVF pertama.

28 Desember 2015
Jam 10 sudah berangkat pakai bus 101 karena ada lewat RS, tadinya mau makan di Pulau Tikus tapi karena suami males2an karena kecapean kemaren naik bus ke Queensbay Mall, akhirnya jam 10 berangkat dan bis penuh banget dan hampir di setiap halte bus berenti akhirnya sampai RS jam 10.40, ya akhirnya kita makan di Heritage Cafe di RS.

Selesai makan langsung ke ruang dokter, ketuk pintu dan disuruh tunggu sebentar terus di antar ke OT. Lagi2 disuruh tunggu dan diselimuti supaya hangat soalnya ruangannya dingin banget. Saya minumnya lebay, jadi karena tunggu dokter lama akhirnya teriak teriak lah saya minta diijinkan untuk pipis, dan missy di OT langsung nyari orang OT untuk ijinin saya pipis. I literally jumped off the bed. itu pun tidak boleh pipis sampai tuntas, jadi hanya pipis dikit saja.

Jam 1, orang yang di samping kanan saya masuk, dia bareng waktu OPU. Terus setengah jam kemudian saya di dorong masuk, tunggu cukup lama, akhirnya dokter datang dan embyologist kasih tahu telurnya ada 14 tapi yang matang hanya 5, dikawinkan tapi yang membelah hanya 3, tapi 1 tidak bagus kualitasnya jadi sisa 2 semuanya dimasukkin, jadi tidak ada yang disimpan.

Dari 2 telur ada 1 yang kualitasnya lebih ok, tapi masih banyak bubble. Tapi saya tidak tanya gradenya. 
Karena sejak dari awal memang saya sudah berserah.

Prosedurnya tidak menyakitkan. Sama sekali tidak sakit. Selesai dimasukkan dokter kasih tahu nanti habis ini harus ke ruangan dokter lagi. Saya pikir bagus juga supaya suami saya bisa tanya apa yang dia mau tanya.

Di suruh tiduran dulu 10 menit baru diantar ke ruangan post operation, disitu bobolah 2 jam, ga boleh turun dari ranjang, kalau mau pipis dikasih pot khusus.

Selesai itu ke dokter lagi, tunggu dan waktu masuk, dokter suruh saya suntik penguat kandungan karena mau pulang tanggal 31. Terus dikasih obar Proginova yang dimakan 1 hari 1 x. Obat di lewat vagina (progesterone) juga tetap dipakai setiap hari.

Ketemu lagi tanggal 9 January 2016
Note: ibu kos memang baik sekali, jam 11 sudah telp kapan ET soalnya dia kuatir sama saya. Pas banget saya mau telpon dia sebenarnya, langsung atur jam 4 sore minta di jemput tapi ternyata jam 5.30 baru beres dari dokter jadi jam 6 lebih sedikit saya baru sampai hostel. Terus naik tangganya juga hati2 banget. Ini ibu kos super banget.

5 January 2016
Selamat tahun baru
Jadi ini sudah minggu ke 2, saya cek darah tanggal 9, tiket sudah beli jadi tinggal berangkat saja.
Terus, rasa kembung perlahan-lahan berkurang. Per hari ini saya sudah tidak makan telur sama sekali, tapi napsu makan yang tadinya gila2an pun sudah berkurang juga.

Perut juga agak mengecil tapi rasanya sangat rentan terhadap tekanan. Misalnya dari karet piyama. makanya pakai piyamanya kayak jojon.

Mulai kemaren sakit punggung mulai berasa. Hari ini meningkat jadi sakit kepala. Memang sudah beberapa lama tidak makan magnesium juga sih, ya di tahan saja lah semoga membaik.

Kulit kering setelah ET ternyata cuma beberapa hari saja, setelah pulang ke Jakarta sudah tidak gatal2 sama sekali. 

Kemaren sebelum pulang ke Jakarta, alergi saya sempat kambuh. Jadi pas visit dokter langsung minta obat. Setelah beberapa hari makan obat akhirnya sembuh.

Kegiatas sehari-hari bed rest, cuma turun ranjang kalau ada perlu saja, misal ke kamar mandi, ambil makanan dll.

Tanggal 9 January 2016
Semalam perut saya kram, terus ada bercak coklat juga di pantyliner. Aduh, kayaknya gagal lagi neh, tapi ga berani bilang ke suami soalnya kan baru naik pesawat kuatirnya gara2 naik pesawat makanya flek.

Paginya bangun, ada lagi. Feeling uda ga enak banget, kram makin menjadi2. Napsu makan drop banget hari ini. Bener2 ga ada napsu makan. Biasanya kalau memang mau mens memang napsu makan langsung drop.

Ya sudah deh, tetap harus ke dokter juga kan, sudah sampai Penang juga. Tetap ambil darah. Tapi sudah bisik2 ke suami kayaknya uda mens deh, ada flek. Untungnya punya suami kayak Ary, dia cuma bilang "iya ga papa, yang penting kita usaha".

Dari awal kami sudah pasrah, rencana mau adopsi anak aja, bagi kami, anak siapa pun yang penting sayang. Jadi pasti ada ikatan batin. Cuma mau adopsi anakpun susah.

Saya dan suami pasangan ke 3 yang di panggil, 2 sebelumnya gagal dan kami pasangan ke 3 yang gagal.

Dokter Dev bilang telur saya kurang bagus, tidak matang. Jadi kualitas embryo tidak excellent. Untuk kasus seperti ini tidak bisa 1 or 2 x IVF tapi harus berkali2 agar dapat telur yang bagus. Kalau dapat yang excellent pasti hamil.

Jadi hari itu kami diskusi, saya pengen resign saja, fokus ke bisnis olshop saja. 

Masih semangat, harus... 







3 comments:

  1. i know what you feeling kak, walapun aq hanya gagal insem, tp rasa kecewa tetap sama..trima kasih bt ceritanya.. saya doakan smoga rejeki ditambahkan dan bisa ivf lg.. jgn patah semangat kak..💪💪💪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you ya. Iya, saya tetap semangat kok. Banyak jalan menuju Roma. Kamu mungkin bisa baca posting saya yg lain spy kamu juga semangat ya😁

      Delete
  2. i know what you feeling kak, walapun aq hanya gagal insem, tp rasa kecewa tetap sama..trima kasih bt ceritanya.. saya doakan smoga rejeki ditambahkan dan bisa ivf lg.. jgn patah semangat kak..💪💪💪

    ReplyDelete

Back to Top