Wednesday, March 30, 2016

First Timer IVF Patient di Jakarta

Post yang 1 ini kok tanggalnya lebih baru, ini karena tadinya saya posting di laman.. maklumlah first timer blogger juga.. ga ngerti kalau laman itu ga bisa di baca orang lain.. haha.. jadi akhirnya saya copy paste ke sini..


selama inseminasi dengan dokter Caroline, ada 1 pasangan yang juga inseminasi bareng2 sebanyak 2 kali.. sama2 orang bebal... hahaha

tapi mereka cepat memutuskan untuk IVF, sementara kami nunggu 1 bulan dulu.. soalnya mikirnya panjang banget deh.. ini advice buat orang yang baik membaca blog ini dengan sengaja maupun tidak sengaja.. kalau dokter menyarankan untuk IVF, langsung saja, tidak usa buang waktu dan uang untuk inseminasi.

so we try to IVF for the first time.
kami pakai short protocol, dan dari blog2 yang pernah kami baca (suami gw tuh yang sering cari2 informasi) bahwa di Indonesia memang jarang sekali dokter yang suruh pake long protocol.
obatnya Gonal F, kadarnya 150 IU sekali suntik, kalau short protocol itu mens H+2 sudah harus suntik2, dan pas aku mens H+1 itu hari libur, jadi H+2 itu dokter sudah buru2 untuk suntik2. jadi timingnya memang ga ngenakin banget deh... sekarang berasa kayaknya waktu itu memang it was not the right time.. and it felt like we were in a hurry...

suntiknya sampai 14 hari, dan setiap 2 hari sekali harus ke dokter, harus trans V (USG) dan harus cek darah. nah cek darah ini, uda sampe bingung susternya untuk ambil darahnya dari tangan kanan atau kiri, dan sekali cek darah ini 2,5 juta minimum, duit uda kayak kran yang bocor.... mengalir ga bisa di stop..

1 day before OPU (Ovum Pick Up) ternyata telur gw 1 gede banget dan teman2nya ga mau kompak.  kayak kelompok kalau ga ada komunikasi.. harusnya dibeliin smart phone satu per satu tuh....
dokter nya sampe panik. tapi diputuskan untuk OPU besok... saat dokternya panik I felt really bad.. I mean it was like she was in panic state and keep whatapp her colleague..

OPUnya di RSCM Kencana sama dokter Gita. OPU nya di bius total ya, jadi ga merasa sakit apa pun.
tapi sakitnya datang setelah beberapa jam, jam 5 sore pas suami pulang, gw pengen pipis tapi ga bisa bangun dari tempat tidur karena perut gw sakit banget..... hiks.. hiks.. hiks.. ini yang bikin gw kapok dan ga mau coba lagi... untungnya sebelum gw IVF ada teman kantor yang IVF, jadi gw uda tau dari dia bahwa habis OPU itu sakit banget... jadi gw uda menyiapkan Ponstan 500 mg... I am so proud of myself... I am a genious..

2 hari kemudian, gw di telpon dari Yasmin, untuk ET. Jujur gw ga tanya sama sekali ga ingat untuk tanya berapa embryo yang bagus dan kualitasnya berapa. Tapi begitu dapat telpon, gw langsung telpon suami gw yang kebetulan sedang keluar ke car wash, jadi lah dia tanya, dapat berapa ? kualitasnya apa ? jujur gw ga tau.

akhirnya suami gw yang telp ke Yasmin untuk tanya, pulangnya mukanya cemberut, ga pernah dalam hidup gw lihat mulut orang semonyong itu...
Embryo-nya jelek, banyak fragment, dari 7 telur yang di ekstrak hanya 6 yang dikawinkan dan hanya 3 yang membelah tapi yang layak hanya 2 saja, itu pun berfragment.

kira2 kelihatannya kayak gini
 ini benar2 foto real dari print out embryologist.

akhirnya keluarlah percakapan suami istri yang sebenarnya... dulu2 ga pernah bener.... hihihi...

ET (embryo transfer) nya sama dokter lain, dokternya cewe... karena dokter Gita lagi ada seminar di luar kota..

jadi telurnya yang diambil ada 9 tapi yang dikawinkan itu hanya 6, dan cuma 3 yang berkembang, 2 yang kualitasnya bisa dimasukin tapi gradenya jelek. serius jelek banget... uda lah putus harapan lah...
dokternya masih suruh suntik2 penguat lagi, yg di suntik di otot jadi gw harus minta tolong suster Yasmin yang rumahnya dekat sama rumah gw untuk datang ke rumah.
oh iya, habis ET, gw nginap 1 malam dan dipasang kateter supaya ga turun dari ranjang RS untuk pipis.

dokter juga kasih obat yang seperti peluru untuk dimasukkan di vagina, 1 hari 2 x, dan itu sangat menjijikkan karena akan keluar lagi putih2 all over may panty....

hari H, kami ke Yasmin untuk periksa darah, dan hasilnya sesuai dugaan.. GATOT...

Perasaannya ?
campur aduk lah.... balik lagi kita lihat2 what went wrong.. ya mulai dari buru2.. dokter panik, timing ga tepat..
nah di sini gw uda curiga masalah Vit D deficiency, gw uda ngomong sih ke dokter waktu pertama kunjungan....
tapi bagi gw pribadi, gw ga mau nyesal karena ga pernah nyoba dan bolak balik nanya diri sendiri "what if..."


0 komentar:

Post a Comment

Back to Top