Wednesday, March 30, 2016

Oily Skin : penyebab dan cara penangulangannya

Di Indonesia ini, karena cuacanya yang tropis, mostly kulitnya berminyak.. kenapa ya ?

Saya akan coba jelaskan tapi mungkin kalian akan bingung, tapi ya sudah lah kalau bingung sok atuh nanya di comment box

1. Genetik
Mostly memang orang Asia dan Afrika merupakan produsen minyak hewati terbesar diseputaran kulit.
2. Climate
orang2 yang tinggal di cuaca tropis umumnya memang berminyak karena itulah cara kulit untuk menahan kelembaban. Bayangkan jika kelembaban kulit kita menguaap terus menerus, dan kita jadi kayak ketimun kisut.. parah banget kan..

Pro: pernah dengar Black don't crack ? tau kah kalian berapa usia Oprah Winfrey ? gw juga ga tau sih tapi kelihatannya sih dia uda 60-an deh.. silahkan tanya mbah Google. Dan dia ga botox loh. memang orang yang kulitnya berminyak cenderung terlihat lebih awet muda, kenapa ya? karena level kelembaban kulitnya tinggi.

Contra: kulit jadi mudah komedoan, jerawat kalau tidak di urus dengan baik, terus ya pake makeup juga kalau berminyak parah harus pake trik2 sendiri, misal pake foundation khusus kulit berminyak atau kulit kombinasi dll

Sebenarnya penyebab kulit berminyak itu karena kulit melindungi diri sendiri, we know how amazing our body is. semakin panas semakin berminyak kulit kita, karena kelembaban kulit akan menguap kalau panas jadi kulit kita melakukan self defense dengan cara mengeluarkan minyak.

cara menangani kulit berminyak bagaimana :
1. Jangan cuci muka dengan sabun muka yang mengandung detergen
karena ini bikin kulit justru tambah kering, ingat, makin kering makin banyak minyak yang keluar
disarankan membersihkan makeup dengan oil cleaser, atau gel cleanser atau pembersih tanpa detergen

Contoh facial wash tanpa detergen
Contoh oil cleanser


Contoh Gel Cleanser



2. Toner untuk mengunci kadar air 
Saya sarankan kalian pakai toner sesudah selesai cuci muka, karena saya berasa banget bedanya pakai toner setelah mandi (biasanya saya cuci muka pas mandi aja), dan beberapa saat setelah mandi. 
Kalau pakai toner segera setelah mandi berasa kulit jadi kenyal dan lebih lembab, sementara kalau sesudahnya tonernya kayaknya ga masuk gitu, kayak cuma dipake terus kering ya udah.. ga ngefek.. makanya pakai skin care itu juga ada caranya ya, salah cara maka manfaatnya ga berasa..

Contoh Toner, ini toner andalan saya neh, enak banget habis pake toner ini
kalau toner yang ini bisa peeling gitu kayaknya, so I don't use it everyday. I use it every other day. gantian sama yang Calendula


3. Moisturise
pakai pelembab, kalau pelembab berasa lengket dan berminyak, coba pakai jenis yang gel. dan ini wajib ya kalau mau kulitnya bagus.

contoh pelembab gel



4. Minyak lawan Minyak
kalau kalian tidur di ruangan ber AC, saya sangat menyarankan untuk pakai oil sebagai salah satu skin care di malam hari, karena AC itu walaupun dingin tapi bikin kulit makin kering loh. 
kalau kalian perhatikan tenggorokan terasa kering / seret kalau bangun tidur, it is because of the AC.


banyak banget skin care keluarin minyak seperti ini, tapi kalau boleh di bilang Kiehls dan Shu Uemura pelopor dalam hal ini sementara yang lain2 seperti Josie Maran, Sunday Riley dll itu menyadari pentingnya minyak pada kulit baru kemudian keluarlah minyak2 lainnya.

5. Sun Block
Matahari memang baik bagi lingkungan kita terutama bagi tumbuhan, tapi tidak untuk kulit wajah, maka saya selalu pakai sun block. 

Contoh sun block


Dua sun block ini ga terlalu bikin kulit tambah berminyak, karena sun block itu formula cenderung greasy maka saya hanya pakai yang 2 ini.

Mungkin kalian lihat foto2nya dan baca blog ini kok ribet amat ya, but let me tell you that only 30% natural beauty, 70% is skin care and makeup.

A little effort like an investment.. nanti kalau sudah tua baru berasa, saat reuni dengan teman2 yang kelihatan sudah umur 40 tahun, when your skin look like 30.. trust me, because I have been through that... :)

Semua tulisan ini murni dari saya, saya tidak copy paste dari blog lain, kalau misalnya hasilnya mirip mungkin memang produknya bagus. 
Semua produk yang ada di foto juga saya beli bukan sponsor dari pihak manapun.

Have a nice day

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top