Wednesday, March 30, 2016

IVF (In Vitro Fertilization) second round di Penang Part 1

Setelah gagal kapok ga ? kapok sih.. gila aja kalau di hitung berapa duit yang kita habiskan.. belum lagi waktu IVF pertama itu kan saya juga unpaid leave atas nasehat teman kantor dan suami pun setuju karena saya ini orangnya gampang stress.

Dalam hidup ini, saya merasa sangat beruntung, karena berkali-kali ada saja orang yang menolong dan kasih jalan buat saya.

Bos saya yang pengasih dan lembut banget hatinya, kasih tahu kalau Loh Guan Lye sering mendatangkan dokter ke kantor perwakilannya di Pluit.
Jadi kami buat janji, dan ketemu dokter Sim Seng Keat. Dokternya baik dan kami menunjukkan semua hasil pemeriksaan sperma, tes darah dan lain-lain.

Dokter optimis, katanya ini bukan kasus sulit, perkiraan biaya RM 15,000. Kok murah ya, tapi kan harus tinggal di sana jadi mungkin tidak terlalu murah juga, tapi saya masih mengumpulkan niat, dan IVF pertama baru lewat beberapa bulan, jadi pengen santai rasanya.

My hubby suka browsing, akhirnya ketemu blog Alodita, dia kasih tau saya supaya saya baca untuk kasih semangat, selain itu teman kantor juga ada kasih tau 1 orang di komunitas rescuer doggie yang hamil karena IVF di Loh Guan Lye juga. Dan dokternya sama dengan dokternya Alodita. 
Jadi saya hubungi orang itu untuk chat dan tanya2, it really give me a boost of energy to think about doing IVF again.

Akhirnya kami memutuskan mau IVF di Penang dengan dokter Devindran. Suami saya inginnya saya tinggal di tempat Alodita dan Dea tinggal jadi hunting tempat tinggal.

Ceritanya cukup panjang, so take a coffee or tea or find a place to sit down if you want to read this till the end.

Kami bikin janji dengan perwakilan di Jakarta, beli tiket, beli USD karena kurs benar2 tidak stabil.

Waktu konsultasi dengan dokter Dev, kami kasih lihat semua tes darah, tes sperma, hasil HSG terakhir, bahkan foto embryo yang banyak bubble-nya itu pun kami kasih lihat.

Seperti biasa dokter Trans V, mau lihat apakah ada pelengketan, disini saya kasih tahu kalau saya kekurangan vitamin D (entah kenapa saya concern banget sama vitamin D ini, seperti ada perasaan bahwa ini penting untuk di informasikan ke dokter)

Kesan dengan dokter Dev, orangnya teliti, dan mau menjelaskan prosedur short dan long protocol. Dan dokter Dev bilang kalau saya lebih cocok pakai long protocol karena melihat telur yang tidak bisa besar itu.

Dan dokter Dev juga menjelaskan obat yang dipakai, karena saya memperlihatkan catatan yang saya buat waktu IVF pertama, tanggal dan berapa dosis obat, dan obat apa saja yang dipakai waktu itu. 

Long protocol itu ternyata lama suntikannya, pertama akan disuntik penahan hormon di hari ke 21, jadi saya harus balik ke sana untuk ambil obat, nama obatnya Superfact, baru kemudian dilanjutkan dengan obat untuk boost hormon agar telurnya banyak dan besar serentak, nama obatnya Menopur.

Hari itu juga kami tanda tangan kuasa dan persetujuan IVF karena cuti suami hanya sisa 4 hari dan itu disisakan untuk OPU dan ET.


Sebenarnya pengen buat live blog, tapi disana kan pulsa mahal, jadi agak males juga kalau harus sengaja cari2 wifi supaya bisa ngeblog, dan ngeblog juga perlu mood yang bagus, saya tidak ingin ada perasaan tertekan harus ngeblog dll. 

Tapi saya akan berusaha semampunya, nulis ini di HP, dan nulis pas lagi kunjungan ke dokter biasanya atau lagi pengen ngadu tapi tidak pengen suami jadi cemas di Jakarta.



30 November 2015

Berangkat ke Penang pesawat airasia, ga delay tapi ternyata di Penang hujan deras dan banjir jd taxi nya lama. Aku antri 30 menit trus dapat supir yg ngomel2 melulu karena banjir dia jd muter2.

Trus sampe hotel hujannya uda mendingan tapi waktu masuk hotel ternyata hujan lagi, buyar sudah keinginan mau beli roti di Happy Mart dekat hotel, walau bawa payung tetap saja males keluar, tahan aja deh lapernya..

Pagi2 bagun, masih mendung, sebenarnya cuacanya enak banget untuk tidur lagi. Ya tapi pasang lagu deh spy ga sepi, bobo2 bentar deh..

Mandi, dandan, dan berangkat ke Hospital, kali ini nginap di G Inn, seberang hospital jg tapi kualitas kamarnya lbh enak di banding Grand Inn Hotel yg ga ada jendelanya. Oh iya, wifinya bagus dan ada astro pulaπŸ˜ŠπŸ‘

Trus, daftar dulu.. Di bagian Reception ada nomor, nomor  itu kita ambil, trus tunggu nomornya di panggil. Sistemnya mudah sekali deh pokoknya.

Dapat nomor, drop aja di kotak acrylic di sebelah pintu Dr. Devindran. Tinggal aja soalnya dokter jam 9 gitu baru datang, trus cari sarapan di kantin nya. Ya makannya sih ga enak2 sangat.. Terutama untuk aku yg hobby wisata kuliner, tp tujuan makan ini adalah utk kenyang.. Apalagi aku lg makan antibiotik dan obat gara2 sakit tenggorokan yg ga sembuh2.

Trus gara2 makan antibiotik jg maag agak kambuh.

Dr. Devidran menyambut dengan senyum. Terus menjelaskan lagi soal prosedur simulasi ET yg namanya dia sebut tapi tetap aku ga ingat.. πŸ˜₯ endometriosis bla bla.. Inti prosedur nya adalah dia akan masukkan kateter di serviks dan uterus kemudian mengambil sedikit daging di situ, tujuannya adalah waktu ET nanti jalannya sudah ada dan supaya embryo yg diletakkan lebih menempel. Katanya prosedur ini walaupun kelihatannya simple tp terbukti menaikkan kesempatan hamil.. Asssiiikkk..😁 hal ini tidak dilakukan dokter di Indonesian.

Prosedurnya cepat, cuma 5 menit. Sakit? Sedikit, rasanya kyk kram lg mens aja. Sesudah itu uda ga berasa apa2 lagi.

Oh iya, dokter melakukan USG sebelum dan sesudah, kelihatan lah bedanya. Ada semacam jalur jadinya.. Mantap.. πŸ‘

Suami titip pertanyaan, karena aku akan tinggal di lantai 2 kos2an Mrs. Candy makanya dia kuatir, apakah habis ET boleh menginap 1 malam di hospital, dokter bilang ga perlu. Istirahat 2 jam cukup. Bs lgsg aktivitas seperti biasa. 😊

Centilnya dokter mulai kelihatan, kalau pertama ketemu sih rasanya biasa aja ya, malah menjurus professional sih rasanya. Kali ini suruh aku selfie, dan senyum yg lebar supaya cantik katanya.
Trus kasih masukan diskon buku di sini, asssiiikkk.. Walaupun buku di rumah msh banyak yg belum di buka bungkusnya tetap pengen lihat juga, but maybe next time lah.. Pengen jd back packer jalan sana jalan sini neh.. 😊

Ambil obat, eh duit RM kurang 100, oalah.. πŸ˜“ Hbs hotel minta deposit aih, πŸ˜₯ jd uangnya pas2an deh, no worry.. 😁Uda bawa USD, cashier nya telp org money changer utk dtg, hebat ya hospital di sini. Pelayanannya luar biasa, 10 menit kemudian datang lah orang nya, lgsg tuker duit lah.. Beres.. Lgsg di ksh kartu nama.. πŸ‘
Oh iya, saran saya sih kalau bisa simpan lah uang dalam USD, karena lebih stabil.
Kebetulan aku kerja di bank jadi pas tukar dapat rate karyawan dan cukup murah, kalau ga karyawan bank, carilah teman yg karyawan bank supaya dapat rate lebih murah karena IDR tidak stabil.

Kena RM 768 karena ada vit E dan folic acid (asam folat). 

Selesai dapat obat cepat2 balik ke ruang dokter, karena hari itu juga harus suntik. Di sini harus pro aktif, karena pengalaman orang Pharmacy ga manggil nama. 

Obat nya di suntik di perut, dosis nya 20ui. Kapan suntiknya? Katanya pagi, begitu bangun tidur langsung suntik. Jadi mungkin jam 7 or jam 8 pagi deh.

Cara suntiknya seperti biasanya, swap dulu pake alcohol pad, di cubit bagian perutnya trus suntik deh. Di paket obat uda di kasih alcohol pad dan alat suntik untuk insulin. 

Terus, waktu obat Menopur ini masuk, rasanya agak perih dan sesudah ya rasanya pegal2 gitu, biasanya kulit ku ga memar tp suntik pertama jadi memar.

Aku kan langsung pulang hari itu jg, jd obat nya aku titip dulu di hospital. Nanti jam 4 sore aku balik lagi ke sana untuk ambil, sebelum ke airport.

Mau update rasanya setelah di endometriosis bla bla, waktu dokter melakukan rasanya seperti tekanan pada awalnya, lama2 kyk kram mens, kram mens paling parah kalau aku bilang. Terus seharian rasanya memang kayak mens aja. Jadi ga sampe butuh obat penahan sakit or anything.

4 Desember 2015

Dari jam 8 kok perut rasanya kram ya, trus ada flek tp dikit bgt lah, suami jadi kuatir jangan2 mens neh, uda suruh aku beres2 baju dan aku juga jadi ketularan kuatir. Koper yg baru di beli langsung aku isi baju dan perlengkapan lainnya.
Tiket yg uda di beli tanggal 12 nanti kok jadi bisa sia2 terbuang neh. Suami uda suruh aku berangkat besok, lha... Akhirnya ngadem dulu deh aku, menyingkir dulu dari aura paniknya.. Trus email dokter Devindran. Jawaban dokter cuma bilang coba di observasi lagi.


5 Desember 2015

It is our anniversary dan observasi setengah hari flek ga tambah banyak, ok aku sama suami dinner keluar trus suami pengen nonton, karena weekend lalu aku ke Penang jadi ga nonton sama sekali.
Lagi pula banyak film bagus yg lagi maen di XXI, duh.. Semua pengen di tonton.
Pulangnya malam, dan olala.. Bener mens.. Langsung jam 12 sibuk cari tiket, dan tiket direct Airasia flight full.. Aaaarrrggghhh 😱

Langsung putar haluan, ok ke Medan dulu baru ke Penang. Ok cari tiket Citilink. Ya ampun kok ga bs beli pake kartu kredit.. Telp call center, ga bs katanya harus 48 jam sebelumnya br bisa pake credit card. OMG.. Kenapa ga user friendly sih, malah suruh aku ke ATM, uda tengah malam ini.. Mana mungkin lah keluar cari ATM.. Ok gimana caranya, apa bsk pagi aja.. Tp ga bs neh ga akan tenang kalo belum dapat.. Telpon call center lagi, akhirnya dia baru sarankan bs booking pake Traveloka.. Ok, book, transfer and done.. Tiket Airasia Medan - Penang dan Citilink Jakarta - Medan done. Untunglah kemaren suami uda suruh aku beres2.. πŸ˜… selesai booking tiket jam 2 pagi, dan aku uda ga bisa tidur.. Uda lewat jam tidurnya, dan mungkin adrenaline pun masih banyak di badan.. πŸ˜“ jadi mikirin apa2 aja yg harus di bawa besok yg blm di packing.

6 Desember 2015

Aduh, kenapa jadi emosional gini ya, sedih jg ninggalin suami dan Dino kesayanganku 1 bulan.

Oh iya, update suntik day 7, kepala makin sakit, nyut2an terus, kalau malam mual, kembung. Napsu makan tetap ada sih. Trus jadi lebih sensitive rasanya. Seperti diatas, pas pamit sama Dino aja rasanya sedih banget. Mata jadi berkaca2.. πŸ˜₯Halah.. 
Perjalanan so far lancar, td pas di toilet Mac jatuh, untung pasang casing, di Mac nya gapapa tp casing nya pecah sudut2 nya.. Sekali lagi makasih ya hubby ku sayang uda otomatis pasang casing waktu beli.. 😭
Ibu kos juga uda di contact, nanti akan jemput di airport.
Semoga semua lancar #fingercross

14 December 2015

The D day, pagi2 uda bangun. Yupe hari ini jadwal ke dokter dan jadwal cek darah.
Eh.. Tas ice pack yg uda dimasukin obat dan es ketinggalan, hadddduuuuhhh
Untung cepat ingatnya, walaupun uda sampe hospital. Damn..
Cepat2 telp Mr. Bee untuk jemput lagi. Untung lah orangnya bae banget.

Sampe hostel langsung masuk kamar suntik, uda terlambat 15 menit. 

Habis suntik cepat2 balik lagi ke hospital.. Yaaaa.. Dapatnya nomor 11, padahal sengaja datang pagi2 sekali supaya dapat nomor 1.


6 sampai 14 Desember 2015

Karena suntik sendiri jadi gampang manage waktu. Bangun pagi suntik dulu, baru bikin sarapan. Aku uda makan telur 2 setiap hari, lumayan lah lebih kenyang juga.


Setiap hari kerjaannya, nonton. Setiap hari pagi2 sudah jalan ke Gurney Paragon untuk nonton. Shopping juga, belanja di Sephora... Seneng banget aja deh kl ke Sephora. Terus ya seneng aja nongkrong, uda jd kebiasaan juga sama suami nongkrong di coffee shop. Jd supaya ga suntuk aku nongkrong lah di Gurney Plaza yg outdoor yg beach viewnya.


Aku selalu makan salad kalau malam, karena pagi2 ga gitu laper kalau makan salad. Ga pake makan nasi ya, jadi biasanya aku masak salmon, atau ayam, beli saos marinate di Cold Storage di Gurney Plaza, enak banget loh.. Kyknya ga pernah lihat yg merek ini di Jakarta, kalau pulang mau beli ah..


Pengen ke pasar yg Dokter Devindran bilang prawn noodlenya enak, tapi kok nyari di google map ga nemu, akhirnya bilang ke Ms Candy, katanya nanti aja pas selasa minta Mr, Bee antar aku ke pasar. Asssiiikk


Blog di pecah 2 ya karena tulisannya terlalu kecil jadinya..

3 comments:

  1. Hi..
    Aku abis baca story2 kamu untuk hamil...
    Semangat ya πŸ˜™
    Btw aku mau tanya soal tempat tinggal di penang.. krn rencananya aku mau ivf or insem jg sama dr devindran..
    Thank you infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Devi, semangat ya... boleh Whatsapp langsung sama Ms Candy di +60125550202. dia bisa pakai bahasa Indonesia kok. Nanti bilang aja dari Yessy taunya.
      Kalau tempat Ms Candy agak jauh dari RS tapi tempatnya tenang, kamar bersih dan besar. Udaranya juga bagus sekali. Mau ke Mall Gurney cuma 1 x naik bus di seberang kompleks. Terus jalan 10 menit ada Tesco. Jadi enak deh...

      Delete
  2. Hallo Yessy...
    Nama saya : Fransisca. Saya & suami juga baru kembali dari penang & konsultasi dgn Dr. Devindran & Dr. Lau soon Yen. Kalau boleh tau lokasi penginapan Ms. Candy dimana ya? Apa saya boleh minta nomor wa kamu supaya gampang kalau mau tanya2 ? Oiya nomor wa saya : 083890288572. Thanks ya infonya

    ReplyDelete

Back to Top