Thursday, May 26, 2016

Liquid Lipstick That I Love and Hate

Biasanya kita tahu lipstick itu dalam bentuk batangan, bisa bentuknya pensil atau lipstick batangan biasa.

Beberapa tahun belakangan ini industry kosmetik memang sangat booming, sehingga lahir lah inovasi-inovasi yang menurut saya cukup spektakuler.

Salah satunya liquid lipstick, bagi yang tidak tahu, mungkin saya akan jelaskan sedikit.
Liquid lipstick itu bentuknya seperti lipgloss. Dengan tabung dan formulanya cair, diaplikasikan persis seperti lipgloss yaitu dengan tongkat doe foot diujungnya untuk menyerap produknya dan diaplikasikan ke bibir.

Brand-brand terkenal berlomba-lomba mengeluarkan formula demi formula yang di claim dapat tahan lama, tidak membuat bibir kering dst.

Saya sendiri sudah mencoba beberapa jenis, tapi memang saya bukan tipe orang yang sangat suka dengan liquid lipstick. I like conventional lipstick actually.

Saya coba bikin swatch nya walaupun tidak sebagus yang profesional ya




1. Girlactick - Shade Allure



 Saya beli di Olshop, karena sebenarnya produk ini belum masuk Indonesia, memang di US sana banyak sekali brand-brand indie di luar brand-brand seperti Revlon, Lancome, Clinique dst yang biasa kita temui di department store.

Harganya cukup mahal ya, IDR 340,000, tapi isinya banyak, dan it is the best liquid lipstick I have ever tried. Sangat berpigment, kebetulan kan bibir bawah saya itu tidak balance, jadi agak miring, jadi kalau saya pakai lipstik selalu berusaha membalancekan bibir saya, seringnya salah, ketebalan jadinya, dan kalau dihapus ya jadi cemonglah kemana2.

Formulanya saya bilang tidak cair ya tapi kental seperti mousse, dan ini amat sangat tidak transfer. Tapi di saat yang sama juga tidak berat di bibir. Bahkan tidak seperti pakai lipstick rasanya. Money well spent.

Saya juga mau bilang kalau isinya banyak ya ini. Jadi memang kelihatannya mahal tapi kalau dibagi dengan isinya kalian menghabiskan uang yang sama per fluid oz / gram nya dengan liquid lipstick drug store.

Isi 0.25 Fl Oz

2. The Balm - Meet Matt(e) Hughes - Shade Committed




Saya beli ini juga di Olshop. Olshop itu sangat membuat saya happy kadang2. Kalau saya tidak salah ingat saya beli ini karena saya memang sangat suka dengan produk2 The Balm, saya punya foundation dan concealernya juga.

Saya beli pas pertama masuk di olshop dan harganya IDR 240,000, sekarang karena sudah banyak yang masukin jadi harga turun di kisaran 1IDR 200,000.

Saya suka banget dengan shade Committed ini, di bibir saya seperti tidak pakai lipstick, jadi My Lips But Better (MLBB).

Formulanya mirip dengan Girlactick tapi yang ini ada bau mint dan ada sensasi dingin di bibir, awalnya kaget tapi akhirnya jadi suka. Kalau saya suka karena mengingatkan saya dengan coklat mint.

Ini juga transfer proof ya, kalau minum dari gelas tidak akan ada bekasnya kecuali saya habis makan yang berminyak, maka pasti formulanya akan break down/ tidak tahan lama.

1 hal yang membedakan selain diatas, lipstick ini agak lengket, karena dia lama keringnya. Tapi kan kalau pakai liquid lipstick itu memang tidak disarankan untuk menempelkan bibir atas dan bibir bawah, karena sudah sangat pigmented. so I don't mind at all.

Isinya juga kurang lebih sama dengan Girlactick, tapi karena lebih murah, dan pigmentnya yang tidak bikin cemong, I reach for it more than Girlactik.

Isi 0.25 Fl Oz

3. Colourpop - Ultra Matte Liquid Lipstick - Shade Lychee


Nah, kalau ini murah, harganya sekitaran IDR 130,000 smpai IDR 140,000.
Isinya setengah dari Girlactick dan the Balm, so now you know what I mean.

Saya sangat tidak suka dengan rasa lipstick ini di bibir saya. It is like cement on my lips. saya tidak tahu apakah hanya shade ini yang formulanya seperti ini atau semua Ultra Matte seperti ini. 

Dan rasanya kering ya, makanya saya mengakali dengan pakai lipbalm dulu sebelum pakai lipstick ini. Hasilnya jadi lembab ya tapi ya transfer proof-nya jadi hilang. Tapi I don't mind, karena jadi satin finish.

Isi 0.1128 fl Oz

That's why I am wondering why Colourpop come out with Satin finish liquid lipstick when we can make ultra matte become satin finish with applying lipbalm prior to the ultra matte. And the price also USD 6, if I am not mistaken.

4. Ofra - Long Lasting Liquid Lipstick - Shade Plumas

Kayaknya liquid lipstick yang ada Pearl nya hanya Ofra ya yang keluarin.
Saya sebenarnya beli juga karena penasaran saja. Beli di salah satu Olshop juga, harganya IDR 200,000.

Lebih murah dibanding Girlactick, harga sama dengan The Balm.
Formulanya juga creamy dan shade Plumas ini kalau saya pakai seperti tidak pakai lipstik tapi terlihat pearlnya.

Pearl atau glitter pada lipstik, kalau salah kaprah malah bikin glitter itu masuk ke garis-garis bibir, and it sucked, apalagi kalau glitternya don't finely grinded, waktu di hapus malah sakit. Tapi Plumas tidak begitu. Kalau dibersihkan, glitternya akan terangkat dengan lipsticknya bersama-sama.

Baunya bikin nostalgia, mirip permen dodol alias bau kelapa. It really put a smile on my face, karena ingat masa kecil.

Formulanya agak basah kalau dipakai di bibir. Agak lama keringnya. Tapi kalau sudah kering jadi tranfer proof.

Yang membedakan Plumas dengan Girlactick dan The Balm adalah, kalau saya makan, hilangnya tidak akan kentara. Kalau yang 2 ini karena terlihat kering, maka waktu memudar itu akan terlihat pecah-pecah di bibir bagian dalam. It is not the case with Ofra, that is why I love this lipstick so much.

Tubenya terlihat tidak cantik, Ofra tidak terlalu peduli dengan kemasan, kalau dilihat kotaknya pun hanya hitam standard, I don't really care about packaging really. 

Tapi..... waktu masih baru, dan isinya masih banyak, ada udara di dalam tube-nya sehingga kalau saya masukkan aplikatornya setelah di pakai, produknya akan keluar dan bikin berantakan sampai di pinggiran luar dan bahkan di tutup bagian atas. Dan terpaksa saya lap karena saya tidak mau tas saya kena lipstick. And it is a lot of product to be wasted. Sayang aja karena produknya bagus.

I really would appriciate it more if Ofra can fix it.

Isi 0.23 Fl Oz


5. Nyx - Soft Matte Lip Cream - Shade Istanbul




Beli ini waktu di Singapura, waktu itu di Sephora kok kayaknya mengundang ya. Banyak juga olshop yang jual tapi pengen lihat dan coba. 

Kalau tidak salah setara IDR 100,000 - 110,000 harganya. 

Mungkin saya salah memasukkan SMLC dalam kategory ini, tapi karena bentuknya sama so why not. 
I don't like it. Lebih baik pakai lipstick konvensional saja ya daripada lipstick ini, pigmentnya tidak terlalu bagus. 

Baunya seperti cake, which is sented. I don't really like sented makeup. I don't hate it but if I can I rather like natural sented makeup, like Mint oil or coconut oil are better and natural.

Tidak tahan lama, I rather use Colourpop Lippie Stix yang hanyanya kurang lebih mirip. Di Olshop Indonesia harganya kurang lebih IDR 90,000 dan Colourpop Lippie Stix itu IDR 110,000 (cuma beda 20,000).

Isi 0.23 Fl Oz

6. Rimmel London - Provocalips - Shade Dare to Pink 

Saya beli ini pertama kali sebelum liquid lipstick lainnya. Waktu itu beli 2 buah, 1 lagi shade Kiss Me You Fool. 

Kalau saya tidak salah ingat, saya beli di olshop seharga IDR 120,000

Suami saya tidak suka saya pakai Kiss Me You Fool, menurut dia menor kalau saya pakai itu, mungkin karena shadenya merah terus mengkilap jadi menor, karena kalau saya pakai shade merah yang matte, dia tidak bilang menor. So, karena akhirnya saya tidak PD setelah dibilang menor, shade itu saya kasih ke teman saya.

Lipstik ini cara pakenya aja sudah ribet, pertama pake warnanya, tunggu sampai 3 or 5 menit, baru aplikasikan gloss transparent nya. Kalau tidak pakai gloss transparent, lengket banget, bahkan lipstiknya bisa copot di bibir bawah jadi nempel di bibir atas, atau sebaliknya, intinya don't press your lips together before the gloss.

It set to fine line like no others. Jadi kalau senyum dan saya tidak sambil senyum waktu mengaplikasikannya (supaya kena semua) maka setelahnya, waktu saya senyum, line yang tidak kena lipstik akan terbuka, and I hate that about this lipstick.

The smell... is bad.. chemical smell. Never reach for it anymore. And you know what ? I brought them with me to Singapore. That's why I bought the SMLC.

Dan lipstick ini bandel sekali, susah untuk di hapus. Maybe that's why they call it kiss proof. Harus pakai makeup remover yang oil base. 

Isinya 0.24 Fl Oz


Jadi ini lah semua koleksi liquid lipstick saya. I hope you enjoy reading this and I hope you find it usefull.

Saya tidak di sponsor oleh siapapun dan oleh brand manapun. Ulasan ini jujur dari saya dan tidak copy paste dari blog lain dan merupakan pendapat saya sendiri,

Have a nice day

0 komentar:

Post a Comment

Back to Top