Tuesday, June 7, 2016

Smelly, Megalomania, Delusional, Never Wrong Boss


Megalomania : a condition or mental illness that causes people to think that they have great or unlimited power or importance

Kejadian ini sudah lama banget, dan orang yang saya ceritakan ini bukan bos langsung gw, tapi lebih ke bos teman gw tapi karena kami duduknya berdekatan jadi setiap hari dia ngeluarin suara pasti kami semua dengar soalnya orangnya gede dan kalau ngomong suaranya juga gede banget.


Penyesalan Datang Terlambat
Gw tinggal di daerah kota, tepatnya di Kemayoran dan lokasi kerja kami di Sudirman, jadi suatu hari si megalomania ngajakin bos L dan bos S makan di daerah kota, si bos L dengan baik hati ngajak gw karena searah gw pulang juga. Ya udahlah gw mau. lumayan juga lah ya dapat tebengan daripada gw naik Transjakarta yang ruamenya minta ampun.
Tapi serius gw amat sangat menyesalkan keputusan gw ini karena ternyata mobilnya megalomania itu baunya minta ampun. 
Umumnya bau hanya sampai hidung saja ya tapi ini karena baunya akut, jadi berasa sampe di batang tenggorokan gw dan sepanjang perjalanan gw ga tutup kaca soalnya ga kuat booo.. biarlah gw menghitup knalpot metro mini yang hitam itu...
Baunya kalau mau dideskripsikan seperti bau obat tapi obat uda kadaluarsa di jemur di matahari dalam container tertutup sehingga baunya menguap dan gw masuk ke salam kontainer itu... ngebayanginnya aja sekarang bikin napsu makan gw ilang loh...
Dan makan enak yang dia bilang itu ternyata makan di kaki lima di jl. Gajahmada, karena uda nyium bau akut, napsu makan gw hilang dan gw pun memang ga cocok makan-makanan yang sejenis yang mereka makan.. 


Pemaksaan dan Penyesalan Datang Terlambat
Jadi suatu hari sabtu ramai-ramai kami harus UAT sistem baru di Bintaro, dan di kasih mobil untuk antar jemput tapi ngumpulnya di kantor Sudirman, ya sudah lah... akhirnya gw diantarin pacar ke Sudirman pagi-pagi.
Pulangnya tadinya seperti biasa naik Transjakarta aja. 

Tapi setelah sesi si megalomania curhat soal "mertua"nya, waktu makan siang
si megalomania: gw sebel banget sama mertua gw
Gw: kenapa emangnya pak?
si megalomania: dia ngelarang gw pelihara ikan
Gw: maksudnya supaya bersih kali rumahnya pak
si megalomania: tapi gw pelihara ikan itu untuk melepaskan stress gw
Gw: oooo, namanya juga rumahnya pak 
si megalomania: ITU RUMAH GW
waduh... salah ngomong neh gw.. kadang gw merasa gw ini naif/polos/lugu banget. Ngapain juga lah gw ngeladenin omongannya dia, karena waktu dia ngomong gitu itu pas kita makan siang dan semeja itu banyak orang, cuma gw aja yang dengan polos ngomentarin dia... aduh... jadi kena bentak deh..

Habis itu sorenya dia maksa nganterin gw pulang, gw uda bilang gw naik taxi aja, dia bilang ga usahlah, kamu kan jadi keluar uang, ikut saya aja diantarin sampe rumah dan gratis, kebetulan kan searah juga (kadang dia bisa baik juga sih).
Entah apa yang berkecamuk dalam otaknya, rasa bersalah karena ngebentak gw atau apa.
Akhirnya dengan pasrah gw ikut dia, untungnya dia sadar mobilnya bau, jadi semenjak kejadian itu kayaknya mobilnya sedikit lebih bersih walaupun tetap bau. Perjalanan pulang terlama yang pernah gw alami.


Bos Tak Pernah Salah
si Megalomania ini memang amat sangat tinggi pridenya, kalau marah meledak2 dan sering mengucapkan kata-kata yang merendahkan dan bahkan tidak pantas untuk diucapkan di lingkungan kerja profesional.
Contohnya adalah teman gw yang amat sangat introvert, namanya juga orang introvert ya, kadang cara berkomunikasinya kan perlu skill tertentu, di sini lah fungsi manager itu penting. Kalau teman intovert gw bikin salah, si megalomania akan marah-marah ke dia bahkan mengeluarkan kata-kata "kayak gini aja kamu ga bisa, anak SMP juga bisa bikin beginian".
Dan karena teman gw itu introvert, dia tidak pernah membalas kata-kata atau bahkan menjelaskan kenapa dia melakukan salah itu, dan biasanya kalau dimarahin bos, wajarnya kita akan langsung minta maaf. Teman gw hanya diam terpaku saja kalau dimarahin dan mengeluarkan suara yang kecil sekali.
Yang sering gw perhatikan adalah sebenarnya setelah sesi marah-marah biasanya si megalomania akan take away pizza atau burger atau ice cream untuk anak buahnya dan sepertinya ini semacam cara dia minta maaf. Anyway, the only joy of him being here was he also count me in. 


Tukang Pamer
Jadi ceritanya "istri" si megalomania kerja di Hongkong dan katanya sering bawa pulang perhiasan berlian. Gw kebetulan lahir April dan batu gw memang berlian, so I wish to have one. Terus si ibu L yang duduknya di sebelah si megalomania bilang ke si megalomania kalau gw pengen beli cincin berlian, boleh ga nitip "istri"nya karena kata ibu L berlian di Hongkong lebih murah dibanding beli di Indonesia. 
Dan waktu si megalomania nanya ke gw, beneran mau nitip, gw jawab benar karena memang dulu itu pengen banget. kalau misalnya kecil dan harganya sekitaran 5 juta ok juga lah.
Besok malamnya waktu tinggal gw sendiri di kantor (yupe.. malam karena gw lembur) si megalomania nyamperin gw dan bawa cincin berlian segede ruas kelingking gw dan warnanya kuning.
Aduh.... gw pegang juga ga berani bo.... berlian kuning segede itu loh.. 
Trus, pas dalam perjalanan pulang gw menganalisa.... maksudnya dia ngasih liat cincin itu apa ya ? gw juga ga akan tau itu palsu atau asli, kualitasnya emang bagus atau ga.. 
Pikir lagi... mau pamer ternyata.. aduh... dasar lelet...


Parfum et toilet
Parfumnya si megalomania itu adalah aroma urine, serius loh.. kalau kata mba sekertaris.. si megalomania kalau kencing tititnya (jijik banget gw ngetik ini) ga di kepret-kepret dulu jadi pipisnya kena ke celana dalam jadi dia bau. 
Kalau gw bilang sih dia kebanyakan konsumsi obat, karena dia itu doyan makan jadi dia sering makan obat, buktinya di mobilnya ajah banyak kontainer bekas suplemen dan pil berserakan dimana-mana. 
Obat itu kan ada baunya, jadi bau obat-obatan itu jadi kayak bau badan meresap ke kelenjar keringat, plus dia juga memang jorok orangnya jadi mungkin mba sekertaris ada benarnya juga..


Bau Eek
Tempat duduk gw itu di barisan paling depan. Seberangan sama ibu L, dan si megalomania duduknya di sebelah ibu L. Dan dari jam 10 pagi, gw kok mencium bau yang amat tidak sedap, kayak bau taik. Ini serius loh ya... bau banget.. dan gw dan teman2 punya aplikasi chat di kompie, jadi gw mulai chat teman di sebelah gw si R
Gw: lu nyium bau taik ga sih?
si R: ga sih, emang kenapa?
Gw: si megalomania eek ga cebok kali ya.. duh parah bau banget
si R: masa sih ? gw ga berasa sih
Gw: iya, lubang AC di atas kepalanya dia ngarahnya ke gw soalnya makanya lu kagak kena
Tiba-tiba si megalomania lewat, dan wusssss.....
si R langsung chat gw
si R: iya loh, asalnya dari dia.. tadi dia lewat langsung tercium bau taik, kayaknya bukan ga cebok deh, jangan2 dia eek di celana..
Gw: tuh kan... duh, gw mau ngabur aja deh, ga kuat....
si R: bu L (bos nya dia) dari tadi juga ga kelihatan
Gw: iya, kayaknya dia uda nyadar dari tadi neh
Sejak saat itu gw taruh bubuk kopi di meja gw, jadi kalau misalnya ada bau aneh gw bisa nyium2 kopi.


Sebenarnya dia lulusan mana sih?
Pertanyaan ini masih menjadi misteri karena si megalomania ngakunya lulusan ITS sama kayak boss S tapi boss S bilang ga pernah tuh kenal sama dia. Nah loh... terus belakangan dia bilang dia kuliah di Prancis... emang umur lu berapa sih waktu kuliah ?


Makan kebab di Eropa
Jadi si megalomania cerita, entah ke siapa, gw juga uda ga ingat. Pokoknya suaranya kencang banget. Konon dia udah keliling Eropa, back packer.. dan konon kalau keliling Eropa makanan yang paling murah itu kebab.. 
Kok kayak habis baca buku ya ?


Ketemu Lawan
Ada boss baru, dan kelihatan sih ini orang kaya. Terawat booooo..
Dan orangnya outspoken banget. Pokoknya sering lah cerita ini itu. Sekolah lulusan Amerika, rumahnya di daerah elit, gunting rambut langsung sama Peter F. Saerang.
Dan semenjak ada dia, si megalomania ga berani pamer atau ngomong yang aneh lagi, kayaknya kalah heboh cerita dia, atau dia menyimak supaya bisa ngibul ke tempat laen kali ya... seperti kebiasaanya dia...


Sorbornne University
Kejadian ini gak lama setelah novel trilogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata booming dan gw juga suka banget banget soalnya cerita pertama itu mirip kayak seharian masa kanak-kanak gw, ya sodara-sodara saya lahir dan besar di kampung dimana tiap hari saya maen sepeda, main engklek, main patok lele dan main outdoor lainnya karena waktu saya masih kecil banget kampung saya tidak ada listrik dan bahkan kalau mau punya listrik harus punya generator sendiri... kok jadi nyasar kemana2.
Anyway, tiba2 si Megalomania bilang ke semua orang kalau dia itu lulusan Sorbornne jurusan musik. Kayaknya semalam dia baca novel Andrea Hirata dan reality dan novel menyatu menjadi satu terus karena dia sudah berkali-kali bilang ke orang-orang kalau dia pinter main piano jadi di belokin dikit.


Cerita Awal Kerja di Sini
si megalomania cerita ke teman gw, katanya dulu waktu dia melamar kerja itu maunya bagian Operasional. Tapi katanya HR bilang dia terlalu pinter untuk jadi Operasional jadi akhirnya dimasukkan di sini.
Yang percaya angkat tangan.....


Penderitaan Anak Magang
Ada anak magang di taruh di timnya si megalomania, kasihan banget deh.. soalnya posisinya kan dia yang butuh, jadi mau ga mau dia wajib nurutin apa yang si megalomania perintahin.
Dan si anak magang ini benar2 jadi samsak buat si megalomania.

Case 1
Namanya juga orang baru pertama kali kerja di kantor ya, wajarlah kalau bikin salah. Kalau menurut gw harusnya kalau ngajak anak magang meeting harusnya bawa 1 orang seniornya, jangan menyerahkan tanggung jawab besar ke anak magang.
Nah, ini salahnya si anak magang, di suruh ikut meeting dan di suruh bikin Minutes of Meeting, trus salah tapi uda dikirim ke peserta meeting.
Intinya megalomania merasa kok dia jadi terlihat bodoh di depan semua peserta meeting karena anak buahnya membuat kesalahan kayak gini.
Kata-katanya amat sangat keras dan menurut gw, ga pantas dikeluarkan oleh orang yang kerja di bidang kita yang profesional
"Bikin MOM aja kamu ga becus, saya lempar nanti dari lantai 15"

Besoknya si megalomania traktir hamburger BK
Pokoknya tiap kali ada makanan gratis gw pasti nanya kali ini siapa yang kena angkara murka si megalomania 

Case 2
Di kantor gw itu banyak orang lama, jadi zaman dulu siapa yang naik pangkat duluan dan siapa anak buah siapa itu bisa di tanya ke orang lama
Anak Magang: mba, bener ya bos K itu dulu anak buahnya bos megalomania ?
si L: Hah....? kabar dari mana tuh ?
Anak Magang: bos megalomania yang bilang gitu ke orang-orang Operasional, katanya bos K itu bekas anak buahnya
si L: kebalik... justru dulu itu bos K itu bosnya si megalomania
Anak Magang sejak itu ga pernah mau dekat-dekat sama si megalomania kalau bukan di ruang meeting.


Sumber Gosip
Kalau ada gosip dari bagian lain terutama lantai lain yang beredar di lantai gw, umumnya sumbernya tak lain tak bukan dari si megalomania. Dia demen banget gosip. Tapi gosipnya dia biasanya ga bisa dipercaya. Karena kan dia delusional jadi antara apa yang di dengar, dia proses dan di sampaikan mungkin sudah di tambah-tambahin oleh delusionalnya. 
So, kalau dia kasih gosip teranyar, biasanya pas makan siang akan kami bahas dan akhirnya kami akan memutuskan itu cuma gosip atau it happen in his head only.


Makan-makan
Untuk mengakrabkan tim satu dengan lainnya under 1 down director, kami kumpulin duit untuk makan-makan sehabis pulang kantor.
2 bulan pertama aman, yang jadi panitia 2 orang, biasanya dan bergiliran.
Giliran bulan ke-3, gw dan teman gw. Jadilah kita makan di mall ternama. Karena datangnya banyak, mungkin chef-nya kewalahan, akhirnya lama datang makanannya, dan seperti yang disepakati 1 orang hanya boleh makan 1 porsi plus es teh tawar, ga boleh jus.
Tiba-tiba terdengar teriakan "MANA MAKANAN GW??? LAMA BANGET !!!! GW BAYAR YA DI SINI !!!!"
Semua kepala seisi restaurant ngeliatin si megalomania dan waiter mangap-mangap kayak ikan dikeluarin dari air ngeliat ke arah teman gw. Gw dan teman gw saling liat-liatan dan bingung. Soalnya memang banyak yang belum dapat juga makanannya. Dan kami semua juga kelaparan.
Setelah teman gw nanya ke mba waiter yang diteriakin tadi, ternyata si megalomania pesan makanan porsi ke 2, padahal sudah dipesan ke waiter kalau 1 orang cuma makan 1 porsi. Padahal banyak loh porsi pertama pun belum datang.
Setelah selesai acara hari itu, kebiasaan ini dibubarkan.
Terima kasih loh sudah merusak semuanya...





0 komentar:

Post a Comment

Back to Top