Thursday, June 2, 2016

Tips Belanja Online


Saya sering pakai skin care atau makeup luar negeri, karena memang skin care atau makeup yang sudah ada mungkin tidak sesuai dengan saya (saya belum coba semuanya) atau karena harganya lebih murah, atau karena saya ingin ikut trend atau karena youtube memang sangat menjual.

Karena itu akhirnya saya menjelajah di dunia belanja online. Saya tidak tahu apakah memang keberuntungan saya lebih bagus atau saya punya insting yang baik untuk membedakan online shop abal-abal dengan online shop yang benar.

Belanja yang paling aman umumnya di market place. Apa sih market place itu?
Market place (MP) itu website yang dibuat oleh ecommerce untuk menampung dan mempertemukan berbagai seller dengan buyernya. Tapi banyak MP seperti ini juga memungut komisi dari merchant (seller)-nya sehingga harga yang dicantumkan di MP biasanya cenderung lebih mahal dibanding kalau kita beli di Instagram, misalnya.

Contoh market place yang reputasinya baik:
1. www.lazada.co.id
Lazada ini fokus di Fashion dan Beauty, standar fotonya pun sangat ketat, tidak seperti MP lainnya seperti Tokopedia yang tidak ada QC-nya. Makanya kualitas fotonya sangat baik.
Lazada juga punya money back gurantee, jadi kalau misalnya palsu atau bahkan kalau kita berubah pikiran, kita bisa claim atau mengembalikan barang ke Lazada dan merchant tersebut dapat diberhentikan. So, it is very save to shop here.
Tapi harga di Lazada cenderung lebih mahal, karena Lazada menarik komisi dari Seller-nya. 
Tips dari saya, kalau kalian punya voucher untuk shopping di Lazada maka akan cukup menguntungkan.

2. www.shopee.co.id
Shopee ini cukup baru, kalau menurut saya Shopee berusaha menjadi MP yang lebih menarik dibanding Carousel, Carousel yang konsepnya mirip Kaskus hanya sebagai media untuk posting foto saja. 
Shopee melirik UKM yang berbasis Instagram, makanya ada opsi upload foto produk dari IG. 
Yang sangat menarik dari Shopee adalah datang dengan promo Free Ongkos Kirim. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, sampai dengan IDR 80,000. 
Jadi bagi kalian yang tinggal di daerah luar Jawa, pasti sangat senang dengan opsi ini.
Shopee juga memiliki masa garansi, karena buyer membayar langsung ke Shopee (Rekening Bersama) jadi buyer tidak kuatir tertipu, sudah transfer tapi barang tidak sampai.

3. www.tokopedia.com
Tokopedia ini termasuk yang tidak ada kontrol terhadap kualitas maupun konten produk. Sebagai buyer kalian harus hati-hati. Tapi karena ada opsi jual wholesale, untuk kalian yang ingin jadi reseller atau ingin beli bulk, sangat enak di MP ini karena ada opsi beli wholesale. 
Tokopedia juga menggunakan Rekening Bersama, setelah barang diterima buyer baru seller mendapatkan uangnya, tapi tetap waspada produk palsu.

Selain ini banyak beberapa MP lainnya.

Saya tidak berniat menjelekkan MP manapun tapi teman saya pernah beli Maskara di Elevenia dan barangnya ternyata palsu.
Cara berjualan si seller tersebut yaitu dengan men-discount 50% harga produk, jadi maskara Maybelline yang harga marketnya sekitan IDR 85,000 di discount 50% menjadi IDR 42,500. Teman saya yang menganggap bahwa seller tsb mau cuci gudang tanpa merasa curiga membeli dan waktu barangnya sampai dan dipakai, ternyata palsu karena maskaranya cair sekali dan sama sekali tidak melentikkan bulu matanya.

Ini adalah contoh salah satu kasus, kita tidak boleh tergiur dengan harga murah, kalau memang bisa melakukan chat dengan admin, cobalah tanya kenapa discount, atau tanyakan kadaluarsa makeup tersebut.

Saya sebenarnya jarang sekali belanja di MP, karena saya lebih suka belanja via IG.
Beberapa tips dari saya untuk belanja via IG:

1. Perhatikan fotonya:
Kalau kualitas foto tidak bagus, blur, pixelnya jelek dll, ada kemungkinan copy paste. Saya lebih suka membeli barang dari first hand, maka saya akan menghindari olshop yang seperti ini. 
Selain itu, saya juga tidak suka belanja PO, saya kompulsif sehingga saya ingin beli dan ingin barang tsb sampai di tangan saya sesegera mungkin, karena itu saya selalu mencari foto yang di foto sendiri oleh seller. Biasanya kita tahu kualitas foto sendiri ya.

2. Jumlah Follower
Makin banyak jumlah follower di suatu account IG maka semakin terkenal account tsb. Ini juga berlaku untuk olshop berbasis IG. Tapi banyak juga loh jasa jual follower, pada seller palsu juga tidak segan2 untuk membeli follower untuk terlihat otentik.
Karena itu kalian perlu memperhatikan hal2 berikut, apakah ada yang like dan comment pada account tsb, banyak pembeli setia akan kepo untuk comment, apalagi kalau admin account IG suka kasih review atau sudah coba produk tersebut. Makin banyak yang kepo makin tinggi otentikasi olshop tsb.

3. Jangan tergiur dengan harga murah
Seperti yang saya cantumkan di atas, sebaiknya kalau ketemu dengan olshop IG yang harganya lebih miring, harus di waspadai. Tapi kalau misalnya harganya hanya beda IDR 20,000, saya tidak akan terlalu curiga, tapi untuk produk makeup, beda harga IDR 20,000 / item itu amat sangat besar, terutama di lipstick, so pay attention.
Jika ada discount, kepo lah tanya ke admin, kenapa di discount. 

4. Research sebelum belanja
saya sangat meminta kalian untuk research sebelum belanja, karena belanja online itu kan terutama di IG kadang kala penjelasannya kurang, kita juga tidak bisa lihat produk dari dekat, tidak bisa baca ingredient pula, jadi kalau bisa kalian cari informasi di Google, sudah banyak orang yang bikin beauty blog dan bahkan banyak yang geek seperti saya yang dengan senang hati menjelaskan semuanya tentang suatu produk di blog. Jadi kalian bisa tahu what to expect dari produk tersebut.

I think that's all :)

Have a nice day everyone








0 komentar:

Post a Comment

Back to Top